19 Apr 2019

Menggerakkan Literasi, Guru GGD Menggagas Taman Baca

19 Apr 2019

Sintang - Guru Garis Depan (GGD) menggagas Taman Baca Masyarakat (TBM) di desa penempatan, Launching TBM dilakukan Senin, 07/11/17 di Desa Merah Arai Kecamatan Kayan Hulu.

Kepala Desa Merah Arai, Emus mengatakan "hadirnya taman baca di desa Marah Arai sangat membantu dalam mempercepat peningkatan SDM masyarakat, dan Pemerintah desa akan ikut mendukung untuk kesuksesan taman baca tersebut. 

Penggagas, sekaligus pengelola TBM Merah arai, M.Darmansyah mengatakan "hadirnya Taman Baca merupakan bagian dari semangat gerakan Literasi dan kewajiban masyarakat terdidik untuk meujudkannya terutama guru GGD". 

Kedepannya, Taman baca Masyarakat Marah Arai akan kita jadikan sebagai pusat edukasi non formal di desa Merah Arai. Di Taman Baca ini akan dilaksanakan berbagai program seperti: pinjam-baca buku, les Matematika,bahasa Inggris, aneka pelatihan dan program-program yang berkaitan dengan literasi. Semua program tersebut gratis dan sepenuhnya diperuntukkan kepada masyarakat.

Kehadiran taman baca di desa Marah Arai juga tidak terlepas dari dukungan pemerintah melalui PT Pos Indoneaia yang menggratiskan pengeriman buku pada tanggal 17 setiap bulannya. Dengan adanya program kirim buku gratis, membuat buku bisa dikirim mudah ke seluruh pelosok Indonesia. 

Saat ini Taman Baca Masyarakat (TBM) Merah Arai sudah memiliki 1500 koleksi buku yang diperoleh dari donasi para relawan literasi dari berbagai daerah dan juga dari donatur lainya.

Bagi masyarakat Indonesia yang ingin mendonasikan buku bisa mengirimkannya ke: 
Taman Baca Masyarakat (TBM) MERAH ARAI.
Jl. Alat Kasih, Desa Merah Arai Kec. Kayan Hulu, Kabupaten Sintang, Kode Pos 78694, Kalimantan Barat.M. Darmansyah - 085277535022.

Show comments